Rabu, 02 Juni 2010

Kenali sedini mungkin gagap

Tanda-tanda awal dan Bantuan yang diberikan

Tanda-tanda awal kegagapan terlihat pada usia dua tahun atau pada saat anak mulai belajar merangkai kata-kata menjadi suatu kalimat. Sering kali orang tua merasa jengkel dengan kegagapan anak, tetapi hal ini merupakan hal yang umum ditemui saat anak masih dalam tahap perkembangan berbicara. Kesabaran merupakan sikap terpenting yang harus dimiliki oleh orang tua selama anak berada dalam tahap ini. Seorang anak mungkin mengalami gangguan kelancaran berbicara selama beberapa minggu atau bulan dengan gejala yang hilang timbul. Sebagian besar anak akan lancar berbicara dan tidak akan gagap lagi bila kegagapannya itu dimulai pada usia kurang dari 5 tahun.

Saat anak mulai memasuki usia sekolah, kemampuan dan keterampilan berbicaranya akan semakin terasah. Umumnya anak akan semakin lanca berbicara dan ia sudah tidak gagap lagi. Jika ia masih gagap, umumnya pada usia tersebut ia sudah mulai merasa malu akan hal tersebut. Anak seperti ini membutuhkan latihan khusus untuk membantunya dalam berkomunikasi.

Bantuan Yang Diperlukan
Seorang anak sebaiknya mulai mendapat bantuan khusus bila:

* orang tua mulai merasa khawatir akan kelancaran berbicara anaknya
* anak terlalu sering mengulang kata-kata atau bahkan seluruh kalimat
* pengulangan suara-suara seperti “aa” semakin sering diucapkannya
* anak tampak kesulitan saat akan berbicara
* gangguan kelancaran berbicaranya semakin berat
* mimik muka anak tampak tegang saat berbicara
* suara anak terdengar tegang saat mengucapkan kata-kata bernada tinggi
* anak sering menghindari keadaan dimana ia harus berbicara

Jika ada tanda-tanda diatas yang tampak saat anak berbicara maka sebaiknya orang tua mulai menghubungi dokter atau ahli terapi bicara. Semakin dini bantuan yang diberikan kepada seorang anak maka semakin baik pula hasil yang akan diperoleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar