Minggu, 18 Maret 2012

Sistem Informasi Psikologi

Analisa Data dan Informasi tentang Web Lowongan Pekerjaan

Sebelum menganalisa mengenai tentang web yang akan saya bahas tidak ada salahnya memahami lebih mendalam tentang perbedaan data dan informasi itu sendiri..
Data merupakan informasi yang disimpan yang dapat sewaktu-waktu di gunakan oleh penggunannya. Data merupakan raw material untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangat relatif tergantung pada nilai gunanya bagi seseorang yang memerlukannya. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain. 
Sedangkan informasi adalah sesuatu data yang dikumpulkan untuk mengambil suatu keputusan. Dalam bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Selain itu definisi informasi sebagai pengetahuan didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.
 
 Pendahuluan 
Perkembangan jaman pada saat ini sudah sedemikian majunya sehingga manusia modern pada saat ini bisa mendapatkan informasi terkini tentang apapun. Demikian pula halnya dengan kesempatan-kesempatan kerja yang tersedia pada perusahaan-perusahaan baik domestik maupun internasional yang di pasang pada website-website penyedia info lowongan kerja. 
Website penyedia informasi tersebut sangatlah menguntungkan kedua belah pihak, pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan juga pihak pencari kerja itu sendiri. Dengan tingkat penggunaan internet yang jumlahnya sangat signifikan pada saat ini, akses yang mudah, para pencari kerja ataupun perusahaan yang membutuhkan sama-sama bisa diuntungkan sesuai dengan kepentingan mereka masing-masing..

Keuntungan Melamar Kerja Melalui Internet
  • Melamar kerja semakin mudah karena kita tidak harus mengirimkan surat lamaran lewat pos. Dengan adanya internet, pelamar kerja bisa saja mengirimkan lamarannya lewat e-mail.
  • Kelebihan internet bagi pencari kerja ini adalah
  • Efisiensi waktu dan biaya, seperti lamaran yang dikirim bisa dengan mudah, cepat, dan langsung dikirim oleh perusahaan bahkan dalam hitungan detik.
  • Menerima pemberitahuan otomatis untuk lowongan – lowongan yang cocok dengan resumenya.
  • Informasi lowongan kerja yang sesuai dengan Curicullum Vitae (CV) 
Pembahasan  
http://www.karir.com:  Karier.com since 1990 Indonesia's career sate...... Pada web ini untuk membuat data pribadi atau log in sangat mudah kita harus mengisi data pribadi terlebih dulu pada bagian "Career Hunter Registration Form" melalui 4 tahap.. Dalam penggunaan bahasa menggunakan bahasa Inggris.. Tampilan Depan "Let Us Stretch Your Reach" 
Pada web ini fitur yang digunakan tidak berlebihan karena fitur yang berlebihan dan berbagai link penjualan (iklan yang berlebihan) yang dapat membuat pengunjung bingung bahkan merasa kurang nyaman, terutama jika pengunjung tidak terlalu akrab dengan internet, dan sudah tentu sangat mengganggu kenyamanan dalam menikmati informasi yang disajikan. 
 
lowongan kerja.com: Your Gateway to Success "Akusuka.com" memiliki daftar pekerjaan yang lebih terperinci  untuk daftar atau login sangat sederhana disini kita juga dapat menaruh usaha atau informasi lowongan untuk dipasarkan.
Web yang baik harus memiliki warna, tekstur, latar belakang dan elemen  sederhana dengan tambahan satu atau dua benda besar sebagai titik fokus. Sehingga ketika diakses, mata pengguna akan cenderung mengarah kepada satu atau dua poin saja. Web Minimalis biasanya hanya mengandung unsur-unsur yang dianggap penting, widget dan link yang tidak penting dan tidak berfungsi lebih baik ditinggalkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar